tiket

6 Makanan Khas Lombok yang Bikin Nagih

Lombok terkenal dengan wisata alamnya yang memukau. Siapa yang nggak tertarik untuk menapaki puncak Gunung Rinjani atau menjamahi pantai-pantainya yang elok satu per satu? Tapi, bertandang ke Lombok tentu bakal kurang jika kamu nggak menyempatkan diri untuk mencicipi makanan khasnya.

Berbagai sajian kuliner asal Lombok umumnya bercitarasa pedas dan gurih. Yuk, intip sejumlah menu makanan khas Lombok yang bikin nagih berikut ini!

1. Plecing Kangkung

Kamu tentu sudah nggak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Tapi, mungkin tak banyak yang tahu juga plecing kangkung ternyata berasal dari Lombok. Plecing kangkung disajikan dengan cara merebus kangkung dan dicampur sambal tomat pedas yang dibuat dari cabai rawit, tomat, garam, terasi Lombok, dan perasan jeruk purut.

Rasa plecing kangkung asal Lombok agak berbeda dengan yang biasa kita temui tempat lain karena kangkung yang digunakan juga berbeda. Kangkung dari Lombok lebih besar dan renyah. Jadi, jika kamu datang ke pulau ini, jangan lupa mencicipi plecing kangkungnya yang otentik!

2. Ayam Taliwang

Kuliner yang satu ini juga nggak kalah tenar, bahkan menjadi salah satu sajian khas yang paling populer di luar Lombok. Ayam taliwang memanfaatkan ayam muda dengan bumbu yang pedasnya nendang. Masakan ini biasanya disajikan dengan tiga cara, yaitu digoreng, dipanggang, atau dibakar. Tak ketinggalan, plecing kangkung selalu tersedia sebagai teman bersantap ayam taliwang.



3. Nasi Balap Puyung
Nasi balap Puyung merupakan sajian nasi sederhana seperti halnya sego kucing di Jawa. Menu kuliner yang satu ini terdiri dari seporsi nasi putih yang disajikan bersama suwiran ayam bumbu pedas dan kedelai goreng serta oseng kacang panjang dan kering kentang sebagai pelengkap.
Nasi balap ini berasal dari kampung kecil bernama Puyung di daerah Lombok Tengah. Sajian ini dipelopori oleh Inaq Esun yang konon sudah berjualan nasi balap sejak tahun 70-an. Makanan ini pas banget buat menu sarapan, lho!
Kulina Box Basic

Paket langganan makan siang komplit, lezat, dan murah Rp 20.000/box. Diantar tanpa tambahan ONGKIR!

4. Sate Bulayak

Sate bulayak merupakan sate daging sapi yang telah dilumuri bumbu khas Sasak dan disajikan bersama bulayak. Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus spiral memanjang menggunakan daun aren atau enau, sehingga menciptakan aroma yang sedap dan khas.

Cara makan sate bulayak juga unik. Penjual biasanya tidak menyediakan sendok dan garpu, sehingga makanan ini dimakan dengan cara mencocol bulayak ke dalam bumbu sate yang telah tersaji.


5. Ares

Bagaimana rasanya mengonsumsi pelepah pisang muda? Pertanyaan itu bisa terjawab lewat sajian kuliner ini. Ares merupakan sayuran khas Lombok yang terbuat dari pelepah pisang muda dan bumbu santan. Makanan ini dulunya hanya disajikan pada upacara adat, tapi kini ares sudah menjadi salah satu sajian spesial incaran wisatawan.




6. Kelaq Sebie

Nah, ini dia salah satu kuliner Lombok yang paling pedas. Nggak heran, pasalnya kelaq sebie menggunakan cabai rawit hijau sebagai bahan dasarnya, kemudian dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan santan nan kental. Sebagai pelengkap, kelaq sebie juga biasa ditambahi dengan terong, kacang panjang, dan tongkol. Berani mencecap pedasnya?

Itulah sajian khas Lombok yang pasti bikin nagih. Kalau mampir ke sana, jangan sampai melewatkannya!

Untuk urusan makan, jangan lewatkan menu-menu baru di Kulina. Cara langganan makan mudah dan praktis. Rencanakan makan dengan pesan melalui website Kulina, makananmu diantar sampai tujuan.


Previous
Next Post »