tiket

4 Makanan Khas Betawi Terpopuler

Betawi adalah sebutan untuk suku asli dari kota Jakarta.Sejarah daerah betawi yang begitu dinamis sekali mampu mempengaruhi warisan makanan khasnya.Kulinet Khas Betawi ini dipengaruhi oleh budaya seperti Cina, Eropa, ataupun Arab.Citarasa gurih dan sedap merupakan ciri khas khas makanan Betawi. Sebenarnya, Betawi memiliki banyak makanan khas yang lezat. Tetapi,seiring dengan perkembangan pesat kota Metropolitan Jakarta yang sekaligus ibukota negara Indonesia ini, Makanan Khas Betawi sudah banyak yang langka bahkan nyaris punah1). Oleh karena itu, penting sekali untuk melestarikan warisan kuliner nenek moyang. Inilah 11 Makanan Khas Betawi Terpopuler versi digiku.com :

1.Ketupat Sayur Lontong


Ketupat sayur adalah makanan khas yang berasal dari Betawi yang biasa dijadikan sebagai menu sarapan. Ketupat sayur terbuat dari irisan ketupat/ lontong dengan kuah santan yang gurih. Taburan ketupat sayur berupa bawang goreng, kacang kedelai, dan kerupuk/emping






2.Ketoprak

Ketoprak terbuat dari ketupat atau lontong yang berisi bihun, toge, dan tahu.Sebuah makanan khas ,yakni Ketoprak Betawi dengan rasa yang lezat ini disiram dan diaduk dengan sambal kacang. Ketoprak juga ditaburi dengan kerupuk. Makanan khas Betawi ini termasuk makanan berat yang agak ‘ringan’.





3.Laksa Betawi


Laksa berasal dari daerah Cibinong yang kemudian merambah ke Jakarta dengan sebutan Laksa Betawi. Pengusaha Laksa Betawi biasanya orang Cina Betawi. Laksa merupakan jenis makanan sepinggan yang berkuah. Laksa berisi bihun, telur, perkedel, daun kemangi, dan daun kucai.Suatu Kuliner yang mendapat pengaruh dari Negara Cina ini memiliki citarasa yang gurih dan manis.






4.Pindang Bandeng


Pindang bandeng hampir menyerupai semur tetapi ada penambahan belimbing wuluh. Rasa pindang bandeng sangat lezat dan segar. Sama dengan nasi uduk, biasanya pindang bandeng disantap saat sarapan dan dimasak pada sore hari sebelumnya.






5.Soto Tangkar


Makanan khas yang satu ini lahir pada masa penjajahan Belanda. Pada saat itu juga, orang-orang yang berasal Betawi hanya mampu membeli iga sapi yang sedikit dagingnya (tangkar). Kemudian, orang Betawi menyulapnya menjadi soto yang enak. Kini, soto tangkar ditambah dengan daging dan jeroan. Soto tangkar berkuah santan tetapi rasanya tidak terlalu ‘berat’.

Sumber artikel :http://digiku.com/makanan-khas-betawi-terpopuler/




Previous
Next Post »