tiket

Begini Kerennya Terminal 4 yang Baru di Bandara Changi

Terminal 4 Bandara Changi Singapura bakalan segera diresmikan. Seperti ini penampakan kerennya berbagai sisi Terminal 4 tersebut.

Bandara Changi Singapura akan segera meresmikan Terminal 4 (T4) yang rencananya dioperasikan sebelum akhir tahun 2017. T4 dibangun dengan rancangan dan teknologi yang inovatif.

detikTravel berkesempatan untuk melihat langsung terminal dengan luas sebesar 225.000 meter persegi itu. Dipandu oleh General Manager, T4 Programme Management Office, Changi Airport Group, Neo Yu Sin, hari ini, Selasa (25/7/2017), detikTravel menyusuri setiap lokasi dan fasilitas di T4 yang akan memanjakan penumpang.

Bandara Changi akan menawarkan proses keberangkatan yang sangat cepat dan sepenuhnya otomatis di T4 ini. Dengan mengusung Fast and Seamless Travel (FAST), T4 akan menjadi terminal pertama di Bandara Changi yang mengintegrasikan teknologi pengenalan wajah (facial recognition) dengan opsi self service dari awal hingga akhir.

Dengan penggunaan teknologi mutakhir itu, penumpang akan secara bebas untuk melakukan check in tanpa harus menunggu counter dibuka. Opsi self-service ini pun tersedia pada setiap tahapan keberangkatan, check in, penurunan bagasi, imigrasi dan boarding.

Di kios check in otomatis, setiap penumpang harus memasukkan referensi pemesanan atau memindai paspor di alat yang telah tersedia di T4 untuk mendapatkan pemesanan penerbangan, mencetak boarding pass dan tanda bagasi. 

Setelah itu, penumpang juga bisa mengurusi bagasi secara otomatis. Sama dengan check in otomatis, di Automated Bag Drop ini, penumpang harus memindai boarding pass dan paspor. Kemudian foto penumpang akan diambil dan dicocokkan dengan foto paspor sebelum bagasi disertakan dalam sistem penanganan bagasi.

Perjalanan penumpang FAST di T4 ini juga bisa dilakukan di Automated Immigration Gate (AIG). Sistem ini merupakan peningkatan dari jalur imigrasi otomatis yang sekarang digunakan di terminal-terminal yang telah ada. AIG di T4 ini menggunakan sistem pengenalan dual facial dan sidik jari.

Terakhir, FAST ini digunakan di gerbang keberangkatan. Tak jauh beda dengan proses sebelumnya, di gerbang keberangkatan otomatis ini penumpang harus memindai boarding pass dan mengesahkan identitas dengan cara mengambil foto.

FAST ini dihadirkan di T4 untuk meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan produktivitas. Penggunaan teknologi yang ekstensif ini juga akan menghemat tenaga kerja sekitar 20 persen ketika operasional di terminal yang memiliki kapasitas 16 juta ini telah stabil.

Tak hanya penggunaan teknologi yang canggih, T4 juga berusaha menghadirkan koneksi emosional dengan penumpang. Sejumlah karya seni kinetik ditampilkan dengan baik di setiap lokasi yang ada di T4 ini. Ditambah lagi dengan adanya pohon-pohon dan unsur budaya di T4 ini, tentu akan membuat penumpang nyaman selama berada di bandara. (knv/krn)


Previous
Next Post »